Rabu, 24 Juli 2019

Prinsip Kelistrikan dan Sistem Instalasi Listrik


b. Jenis dan Manfaat 
  • Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere.
Arus listrik dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  1. Listrik Arus Searah atau DC (Dirent Current) adalah arus listrik yang arahnya tetap.
  2. Listrik Arus Bolak Balik atau AC (Alternating Current) adalah arus yang besar dan arahnya selalu berubah-ubah.
Listrik muncul akibat adanya beberapa tipe fisika:
  1. Muatan listrik : Muatan listrik adalah sifat atau muatan dasar yang dibawa partikel dasar sehingga menyebabkan partikel dasar tersebut mengalami gaya tarik menarik dan tolak menolak. Muatan listrik suatu partikel dasar dapat berjenis positif dan negatif.
  2. Medan Listrik : Medan listrik adalah efek yang ditimbulkan oleh keberadaan muatan listrik, seperti elektronion, atau proton, dalam ruangan yang ada di sekitarnya. Medan listrik memiliki satuan N/C atau dibaca Newton/coulomb. Medan listrik umumnya dipelajari dalam bidang fisika dan bidang-bidang terkait, dan secara tak langsung juga di bidang elektronika yang telah memanfaatkan medan listrik ini dalam kawat konduktor (kabel).
  3. Potensial listrik : Potensial listrik dapat didefinisikan sebagai usaha yang diperlukan untuk memindahkan muatan positif sebesar 1 satuan dari tempat tak terhingga ke suatu titik tertentu. Potensial listrik dapat pula diartikan sebagai energi potensial listrik per satuan muatan penguji. 
  4. Arus listrik : Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere.
  5. Elektromagnet : Elektromagnet adalah jenis magnet di mana medan magnet dihasilkan oleh arus listrik. Elektromagnet biasanya terdiri dari luka kawat ke koil. Arus yang melalui kawat menciptakan medan magnet yang terkonsentrasi dalam lubang, menunjukkan pusat koil. Medan magnet menghilang ketika arus dimatikan.

Vamos Aprender! . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates