Minggu, 29 Juli 2018

Tahap Pengolahan Serealia [Jagung]


Nasi jagung adalah makanan pokok khas penduduk Madura. Nasi jagung sama halnya dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya. Sajian nasi jagung biasanya ditemani lauk ikan asin dan rempeyek teri dengan urap, sayuran terong, sayur lodeh, dan lain-lain.

Proses pengolahan pangan nasi jagung tidak jauh berbeda dengan memasak nasi putih biasa. Alat yang digunakan sama dengan alat untuk memasak nasi, tetapi bahannya berbeda yaitu beras jagung, beras dan air. Proses pengolahan beras jagung pun sama dengan cara menanak nasi.


Produk Olahan Jagung

Produk olahan jagung khas budaya kuliner Indonesia lainnya yaitu Jagung Bose berasal dari NTT dan Binthe Biluhuta (Milu/Jagung Siram) dari Gorontalo. Bagi masyarakat NTT dan Gorontalo, jagung amat disukai, karena kandungan karbohidratnya yang tinggi konon lebih lama dapat menahan lapar.

  • Mengolah jagung menjadi Jagung Bose antara lai jagung utuh dipipil, kemudian ditumbuk dengan menggunakan lesung dan alu. Jagung ditumbuk hingga kulit ari terpisah dari biji jagung. Biji jagung yang sudah tanpa kulit ari dimasak dengan dicampur dengan kacang-kacangan, sayur-sayuran dan air kaldu hingga membentuk kaldu air yang mengental seperti bubur. Jagung Bose disajikan dengan lauk dan sayuran, layaknya makan nasi biasa.
  • Milu siram berbahan dasar jagung yang dipipil direbus dengan air dan garam secukupnya, dengan diberi suwiran ikan Cakalang, parutan kelapa kukus, daun kemangi, daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis.. Ditemani sambal sebagai penyedap.

Gambar terkait

Membuat Nasi Jagung 

Bahan 

  1. 250 gram jagung meniran/tumbukan
  2. 150 gram beras
  3. 1 1/2 sendok teh garam
  4. 750 ml air
  5. 600 ml santan (dihangatkan)
Cara Membuat 
  1. Rendamlah jagung meniran bersama beras dan garam menggunakan air ang sudah disediakan. Kemudian rebuslah campuran beras dan jagung tadi hingga air habis meresap, lalu segera angkat.
  2. Masukkan nasi jagung ke dalam kukusan atau panci kukus yang sebelumnya sudah dipanaskan. Siram nasi jagung tersebut menggunakan santan hangat, lalu lanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan segera angkat.
  3. Jika sudah berarti nasi jagung sudah siap disajikan selagi panas dengan lauk pauk yang anda suaki, akan lebih nikmat jika dicampur sambal dan lalapan.
Sangat mudah membuat nasi jagung gurih yang nikmat dan sedap. Bahan yang disediakan pada resep di atas bisa disajikan dalam 4 hingga 6 porsi makan. Sebagai akhir kata saya selalu ucapkan selamat mencoba dan terus berkreasi. Lestarikan kuliner asli Nusantara.













Semoga Bermanfaat 😄




Vamos Aprender! . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates